Arsip

Senin, 06 April 2015

Komunikasi, Bisnis dan Komunikasi Bisnis

Komunikasi
Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu Communicatio yang artinya “berpartisipasi” dan “memberitahukan”, Communicatus yang artinya “berbagi” dan “milik bersama”, dan Communis yang artinya milik bersama dan berlaku dimana – mana. Menurut para ahli, komunikasi memiliki pengertian yang berbeda – beda, diantaranya :
  1. Alo Liliweri menyatakan, Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.
  2. M. Jenamar. SH menyatakan, Komukikasi adalah seni menyampaikan informasi dan ide-ide seseorang kepada orang lain.
  3. Menurut Judy C. Pearson dan Paul Emelson, komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna.
  4. Menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss, komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.
Komunikasi merupakan suatu cara bagi mahluk hidup untuk menyampaikan pesan baik secara lisan, mimik wajah (ekspresi), gerak tubuh dan lain sebagainya. Perkembangan komunikasi sangat pesat karena kita hidup di era teknologi canggih, berkat perkembangan itu kita bisa berhubungan dengan orang-orang meski bermil-mil jauhnya orang-orang itu berada.
Bisnis
Bisnis berasal dari kata bahasa inggris yakni Business, diambil dari kata dasarnya Busy yang artinya sibuk dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Sedangkan dalam kamus lengkap bahasa Inggris karangan Prof. Drs. S. Wojowasito dan W.J.S Poerwadarminta, business diterjemahkan menjadi : pekerjaan; perusahaan; perdagangan; atau urusan.
Dalam arti tersebut bisa diartikan sebagai orang yang sedang sibuk untuk mengerjakan suatu pekerjaan dan kegiatan yang dapat mendatangkan keuntungan (profit) dalam ruang lingkup komunitas, masyarakat, ataupun individu.
Lalu dalam segi ilmu ekonomi bisnis memiliki pengertian : Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen (pembeli) atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba (keuntungan).
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
1. Musselman dan Jackson ( 1992 ) mereka mengartikan bahwa bisnis adalah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat,perusahaan yang diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
2. Gloss,Steade dan Lowry ( 1996 ) mereka mengartikan bahwa bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.
3. Allan Afuah ( 2004 ) beliau mengartikan bahwa bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang di inginkan konsumen.
4. Steinford mengartikan bisnis sebagai suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Menurut Steinford, jika kebutuhan masyarakan meningkat, lembaga bisnis pun akan meningkat perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sambil memproleh laba.
Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang berlangsung dalam kerangka bisnis (negosiasi), pemasaran (trading atau perniagaan), lobi, iklan dan semua yang menyangkut ekonomi-kapital.
Komunikasi Bisnis menurut para ahli sebagai berikut :
1. Persing (1981:108), Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang – lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan Penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi dan memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan
2. Rosenbalt (1982:7), Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan- tujuan perusahaan.
3. Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.
Kini Komunikasi Bisnis bisa dilakukan dengan mudah seiring perkembangan teknologi komunikasi. Layanan internet, radio, televisi, media cetak menjadi salah satu jembatan dunia perbisnisan.
odern.



referensi: 
http://www.anneahira.com/pengertian-komunikasi-bisnis.htm
https://thepradjna.wordpress.com/2011/10/28/definisi-bisnis/
http://www.komunikasipraktis.com/2014/10/daftar-definisi-komunikasi-menurut-para-ahli.html
https://hasiltugaskomunikasi.wordpress.com/2013/02/21/kumpulan-definisi-komunikasi-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar