Arsip

Jumat, 05 Juni 2015

USAHA BERSAMA

PROPOSAL BISNIS RESTORAN
(USAHA BERSAMA)
“CAPITANO SPORTAURANT”
DI SUSUN OLEH                 :
  1. ETIKA ASRORI PUTRI (12612567)
  2. RIFKI KANIJAYA (16612341)
  1. LATAR BELAKANG
Semakin maraknya dunia bisnis di Indonesia yang semakin tahun semakin berkembang ide-ide dari para masyarakatnya, ide-ide mereka pun terbilang unik dan gila dalam menarik konsumen untuk membeli barang yang sedang mereka coba tawarkan. Dari berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia, dari mulai berjualan baju online, sepatu online, rumah makan, dll. Tidak sedikit dari mereka yang berhasil dalam menjalankan usaha bisnisnya.
Oleh karena itu kami mencoba membuka peluang bisnis baru dengan ide kreatif kami yaitu membuat Capitano Sportaurant, karena seiring dengan perkembangan dunia olahraga di dunia dan di Indonesia khususnya, terlebih lagi cabang olahraga sudah menjadi industri yang cukup menggoda bagi para penggila olahraga dan makin bertambah nya penggila olahraga di Indonesia.  Dari sekian banyak cabang olahraga kami memilih cabang olahraga sepak bola sebagai konsep utama kami ditambah banyaknya penggila sepak bola di Indonesia, tidak hanya penggila hobi olahraga sepak bola saja bahkan penggila sepak bola yang hanya menikmati sepak bola lewat menonton pertandingan saja juga banyak.
Maka kami selaku penggiat usaha berencana membuka usaha restaurant yang dipadukan dengan hiburan olahraga, karna menurut kami konsep ini masih sulit ditemukan di Indonesia.
  1. MANFAAT USAHA
Berikut ini adalah manfaat usaha kami dari segi ekonomi dan sosial       :
  1. EKONOMI
Dilihat dari segi ekonomi, bisnis kuliner ini sangat menjanjikan dan dapat memudahkan para pecinta kuliner untuk menikmati makanannya dengan konsep yang unik. Serta dapat menikmati makanan-makanan dari beberapa negara terpilih. Jenis dan harga makanannya pun bervariasi dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.
Dengan didirikannya restoran ini, juga dapat membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Dengan mempekerjakan ± 22 orang yang terdiri dari: 7 pelayan khusus pengantar makanan, 4 orang koki ahli dan 2 orang asisten koki (selengkapnya dapat dilihat dalam tabel perencanaan anggaran yang telah tercantum di bagian akhir).
  1. SOSIAL
Dari segi sosial, bisnis restroan ini tentu saja memiliki target pasar ( sasaran pelanggan )yang tidak akan mengusik resotran lain, tentu saja target kami adalah para pencita bola dari berbagai kalangan di Indonesia. Dimana para pencita bola ini dapat juga melaksanakan nonton bareng (nobar) di Restoran kami.
  • RUMUSAN MASALAH
  1. Apakah keunggulan dari “CAPITANO SPORTAURANT?
  2. Siapakah segmentasi pasar dari“CAPITANO SPORTAURANT?
  3. Bagaimana langkah-langkah promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan serta menarik minat masyarakat agar tidak segan dan tidak bosan untuk datang ke“CAPITANO SPORTAURANT?
  1. PRODUK
CAPITANO SPORTAURANT ini bukanlah tempat makan biasa. Dimana di restoran kami ini tidak hanya menyajikan menu-menu yang unik namun juga menyediakan tempat yang asik untuk berkumpul para pencita sepak bola. Tidak hanya itu saja, ada menu tambahan seperti ayam bakar/goreng yang juga memiliki rasa yang unik, ayam-ayam yang disajikan oleh CAPITANO SPORTAURANT ini adalah ayam-ayam pilihan yang dibeli oleh seorang peternak ayam yang handal, yaitu, Etika Asrori Putri.
Beberapa contoh menu yang disajikan oleh CAPITANO SPORTAURANT diantaranya adalah    :
  1. Ayam tendangan Messi
Ayam tendangan Messi adalah ayam goreng/bakar yang disajikan dengan sambal yang begitu pedas, saking pedasnya seperti merasa akan ditendang oleh Lionel Messi. Dengan cabai-cabai pilihan, ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya di jamin akan membuat lidah kalian bergoyang.
  1. Ayam kalem Gerrard
Semua orang pasti tahu Steven Gerrard si kaptain timnas Inggris itu, mengapa ayam ini disebut ayam kalem Gerrard karena kita tahu bahwa Steven Gerrard sangatlah kalem di dalam lapangan, dia adalah seorang pemain yang tidak banyak protes. Begitu juga dengan menu kami ini dimana ayam bakar/goreng kami disajikan dengan sambal asam manis yang membuat hati para konsumen kalem nantinya.
  1. Ayam Pamungkas
Nama menu ini terinspirasi dari seorang pemain sepakbola Indonesia yang begitu terkenal yaitu Bambang Pamungkas, ide ini muncul agar para pemuda/pemudi Indonesia tidak lupa bahwa Indonesia pun memiliki pemain yang cukup handal di lapangan. Disamping itu juga, menu ini akan disajikan dengan ayam goreng/bakar dengan mentega yang kami harapkan dapat menjadi senjata pamungkas di restoran kami ini.
Berikut beberapa keunggulan dari CAPITANO SPORTAURANT ini                     :
  1. Restoran ini didekorasi dengan konsep yang sporty dimana dinding akan dihiasi dengan foto-foto para pemain sepakbola tidak lupa juga klub-klub sepak bola di dunia, di restoran kami ini juga sebagai tempat nobar (nonton bareng) pertandingan bola seperti piala dunia/liga italia/liga eropa/liga Indonesia, dll.
  2. Restoran kami pun memiliki menu-menu yang tidak kalah menariknya dengan restoran lain bahkan kalau soal rasa pun boleh diadu dengan restoran lain, rasa-rasa yang ada di restoran ini pun bisa diancungkan dengan jempol.
  3. Restoran ini juga didirikan di pusat kota dimana semua orang dapat dengan mudah menemukan restoran kami ini.
  4. Harga-harga yang tersedia di restoran kami ini pun juga terjangkau.
  1. ANALISIS SWOT
  1. FAKTOR INTERNAL
KEKUATAN
Ø  Menu-menu makanan maupun minuman yang bersinergi dengan konsep restaurant
Ø  Kualitas rasa maupun penyajian makanan yang memuaskan konsumen
Ø  Restaurant dengan jangkauan harga menu yang cukup terjangkau
Ø  Lokasi restaurant yang sangat strategis
KELEMAHAN
Ø  Konsep utama yang mungkin tidak cocok bagi masyarakat luas
Ø  Persaingan Menu dengan restaurant lain
Ø  Kurang nya modal untuk menambah variasi menu
  1. RENCANA USAHA
Setelah mengamati perkembangan restoran kami  ± satu tahun yang mendapatkan kemajuan yang sangat signifikan yaitu dengan bertambahnya pelanggan, serta bertambahnya penjualan menu-menu yang telah tersedia di restoran kami ini. Maka pihak restoran akan menambahkan beberapa strategi baru untuk mempertahankan kualitas dan kuantitas restoran dan meningkatkan pelayanan untuk kepuasan pelanggan serta penambahan laba bagi restoran.  Restoran juga akan bekerja sama dengan beberapa sponsor, produk-produk tertentu agar dapat terus mengembangkan restoran menjadi restoran terbaik untuk para pelanggan. Tidak dipungkiri untuk restoran membuka cabang di daerah atau kota-kota lain di Indonesia.
  • ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
  1. TARGET PASAR
Target pasar dari restoran ini adalah semua kalangan dan juga para penggila sepak bola.
Karena makan adalah kebutuhan pokok manusia, maka tidak heran jika restoran “CAPITANO SPORTAURANT” akan memiliki banyak pesaing. Tetapi adanya kehadiran pesaing justru membuat kami semakin terpacu untuk bersaing secara sehat dengan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas restoran.
  1. SASARAN PEMBELI
Restoran ini menargetkan sasaran pembeli dari seluruh kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.
  1. TARGET PEMASARAN
Startegi pemasaran dari CAPITANO POSRTAURANT ini, adalah :
  1. Membagikan brosur kepada orang-orang yang lalu-lalang di dekat restoran.
  2. Membuat banner tentang restoran kami serta memasang iklan restoran kami dibaliho.
  3. Melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram serta tak lupa membuat website sendiri dengan URL capitanosportaurant.com
  4. Mengadakan kerjasama dengan tempat latihan futsal agar kami juga bisa memasang brosur disana untuk memberitahu juga kepada para penggila sepakbola bahwa direstoran kami juga menyediakan tempat untuk nobar.
  • ANALISIS OPERASIONAL
Apabila restoran “CAPITANO RESTAURANT” ini dapat menghasilkan laba yang lumayan bagus setelah ± dua tahun bisnis ini berjalan, maka restoran telah balik modal. Dan jika usaha ini terus berkembang dan dapat diterima oleh masyarakat luas maka restoran masih terus dapat bertahan dan hanya perlu mengembangkan ide-ide baru agar usaha ini terus berjalan dan tidak mengalami rugi.
RENCANA ANGGARAN
Modal awal yang dibutuhkan :
  1. 40 juta ( pemilik ide dari penjual Ayam yang juga akan men-supply ayam-ayam nya untuk dijadikan baha dasar dari menu restoran ini)
  2. 40 juta ( pemilik ide dari “CAPITANO SPORTAURANT” )
+
Jumlah: Rp. 80 juta
No. Nama Barang Harga
1. Kontrak toko /bulan Rp. 3.000.000
2. Kursi, Meja, Lemari Rp. 7.000.000
3. Pemanggang roti (2 unit) Rp. 500.000
4. Kompor gas 4 unit Rp. 2.000.000
5. Peralatan memasak lainnya Rp. 4.500.000
6. Peralatan makan-minum Rp. 2.500.000
7. Kulkas Rp. 4.500.000
8. Fee untuk tiap 1 chef /bulan Rp. 5.000.000
9. Fee untuk tiap 1 waiters /bulan Rp. 3.000.000
10. Fee untuk kasir /bulan Rp. 3.000.000
11. LED TV 40” 4 unit Rp. 20.000.000
12. Home Theater  1 set Rp. 3.000.000
13. Proyektor 1 unit Rp. 3.000.000
14. Pembuatan banner, baliho, poster Rp. 750.000
JUMLAH RP. 66.750.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar